Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Pegawai, BPK Perwakilan Provinsi Bali Laksanakan Sosialisasi Kesehatan Kanker dan Tumor

Denpasar, 22 November 2022 – Pentingnya berbagi pengetahuan mengenai kesehatan adalah bagian dari usaha kita menjaga kesehatan pribadi dan keluarga. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) Nur Pramono, saat membuka Sosialisasi Kesehatan Kanker dan Tumor di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Tak hanya itu, menjaga kesehatan juga merupakan bagian dari perwujudan Budaya Kerja BPK Perwakilan Provinsi Bali yaitu BPK Bali KUAT, dimana kuat yang dimaksudkan adalah pembentukan pribadi yang kuat secara spiritual, mental, dan jasmani serta rohani.

Sementara itu, sosialisasi kesehatan kanker dan tumor dipaparkan langsung oleh Ibu Wenda dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa YSKI  bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang pengertian kanker, mengenali secara dini gejala kanker, serta cara sehat dan hemat untuk menghindari kanker. Selain itu, dijelaskan pula mengenai cara deteksi kanker payudara dengan metode SADARI. 

Sosialisasi ini diprakarsai oleh Subbagian SDM BPK Perwakilan Provinsi Bali bekerja sama dengan Yayasan Sosialiasi Kanker Indonesia (YSKI). Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Ruang Arjuna Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali dan dihadiri oleh para pegawai di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bali dan Dharma Wanita Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Setelah sosialisasi ini, diharapkan pegawai dapat meneruskan informasi mengenai bahaya kanker kepada keluarga serta tindakan preventif yang dapat dilakukan. Pentingnya menjalankan pola hidup sehat serta menjaga pola makan yang baik karena lebih baik mencegah daripada mengobati.