TWO IN A ROW, DALAM SATU HARI BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR DUA SURVEI TERKAIT DENGAN KINERJA DAN ADKAR

bERITA - adkarDenpasar, 1 September 2015 – Dalam rangka untuk mengetahui nilai indeks kinerjanya, BPK RI melakukan survei pengukuran indeks indikator penilaian kinerja dan penilaian kriteria hasil PMPRB (Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi) tahun 2015. Salah satu unit kerja yang beruntung untuk mengikuti survei ini adalah Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Survei yang dilaksanakan pada Selasa (1/9), dibuka oleh Gempur Widya T. Laksana, Kepala Subbagian Umum dan TI selaku Plh. Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali. Survei dimulai sejak pukul 08.00 wita dan diikuti oleh sekira 30 orang pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Hasil dari survei ini diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar penentuan kebijakan perbaikan kinerja oleh top management BPK RI.

Di hari yang sama, dalam kesempatan terpisah, Direktorat PSMK (Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja) juga melakukan survei ADKAR untuk tahun anggaran 2015.

ADKAR sendiri merupakan singkatan dari Awarenes of the need of change, Desire to support and participate in the change, Knowledge of how to change, Ability to implement to change, dan Reinforcement to sustain the change. Pendekatan ADKAR  sekaligus merupakan urutan langkah-langkah yang sistematis dalam menerapkan manajemen perubahan yang ditawarkan.

Pendekatan perubahan model ADKAR banyak diterapkan atau diadopsi berbagai organisasi di seluruh dunia. Model perubahan ini dinilai praktis dan mudah dipelajari, masuk akal, dan memberikan fokus pada tindakan-tindakan nyata dan hasil-hasil yang diperoleh sebagaimana diinginkan dari proses perubahan yang direncanakan.

Survei ADKAR yang dilakukan oleh Direktorat PSMK tahun 2015 ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber informasi dalam menyusun rencana strategis BPK RI tahun anggaran 2016 – 2020.

Seperti halnya survei pengukuran indeks indikator penilaian kinerja dan penilaian kriteria hasil PMPRB, survei ADKAR ini juga dibuka oleh Gempur Widya T. Laksana, selaku Plh. Kepala Perwakilan dan diikuti oleh sekira 30 orang pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali.