HUMAS BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI HADIRI BEDAH BUKU “REVOLUSI MENTAL: MAKNA DAN REALISASI”

Berita - Bedah BukuDenpasar, 23 Juni 2015 – Menjawab undangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, hari ini (Selasa, 23/07) Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha BPK Perwakilan Provinsi Bali, Ida Ayu Putu Risnawati menghadiri kegiatan bedah buku berjudul, “Revolusi Mental: Makna dan Realiasasi” di Gedung Kpw BI Provinsi Bali, Jalan Letda Tantular No.4, Denpasar.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini, Prof. Dr. Phil. Hana Panggabean, selaku Ketua Tim Editor Penyusunan Buku Revolusi Mental: Makna dan Realiasasi, dan Dra.  Retno I.G. Kusuma, selaku Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HMIPSI) Perwakilan Provinsi Bali.

Dalam paparannya, kedua narasumber berbicara dalam dua perspektif yang berbeda. Prof. Hana  sebagai Ketua Tim Penyusun Buku Revolusi Mental ini, berbicara mengenai teknis penyusunan buku dan isi buku secara umum.

Prof. Hana mengatakan bahwa isi buku ini dibagi ke dalam dua kelompok tulisan. Bagian pertama mengupas pemahaman konsep revolusi mental Joko Widodo, dengan berlandaskan sumber resmi, baik konsep yang dituliskan oleh anggota tim internal Presiden RI, maupun yang berlandaskan gagasan pribadi. Bagian kedua dari buku berfokus pada peran pendidikan dalam membentuk karakter individu dan masyarakat.

Adapun Dra. Retno Kusuma dalam paparannya lebih menitikberatkan pada implementasi revolusi mental dalam tingkatan personal (individu). Dra. Retno Kusuma mengatakan bahwa revolusi mental dapat diartikan sebagai mengembalikan karakter bangsa Indonesia pada identitas aslinya yang terkenal santun, berbudi pekerti, ramah dan bergotong royong. Namun nilai-nilai ini tidak boleh hanya dijadikan sebagai jargon saja, namun dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masing-masing individu.

Bedah buku berlangsung secara menarik. Kedua narasumber dalam memaparkan materi juga cukup baik dan mampu menarik minat para peserta. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang mengacungkan tangan saat sesi tanya jawab berlangsung.

Kegiatan bedah buku ini ditutup dengan foto bersama dengan narasumber dan pemberian souvenir kepada peserta yang telah aktif selama diskusi berlangsung.