PELUNCURAN PERPUSTAKAAN DAN KANTIN BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI

Berita LaunchingDenpasar, 11 Mei 2015 – BPK Perwakilan Provinsi Bali pada Senin (11/05), melakukan kegiatan peluncuran ulang Perpustakaan dan kantin kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Kegiatan peluncuran ulang perpustakaan dan kantin ini merupakan puncak dari beberapa kegiatan perubahan yang telah dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Bali sejak Maret 2015.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Arman Syifa, ini sendiri merupakan bagian dari proyek perubahan dalam Diklat PIM III, Kepala Sekretariat, Ida Bagus Ketut Wisnu dan Diklat PIM IV, Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha, Ida Ayu Putu Risnawati.

Dalam Diklat PIM III Kepala Sekretariat mengambil tema kenyamanan kerja pada kantor di BPK Perwakilan Provinsi Bali melalui penataan dan pemanfaatan ruangan secara optimal, adapun Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha menjadikan pembenahan perpustakaan sebagai tema besar proyek perubahan yang dilakukan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha, Ida Ayu Putu Risnawati, sebagai salah seorang peserta Diklat PIM IV. Dilanjutkan oleh Kepala Sekretariat, Ida Bagus Ketut Wisnu, dan sambutan oleh Mochamad Rudi Wahyudi, selaku coach Diklat PIM IV dari Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Kepala Sekretariat untuk melakukan sosialisasi mengenai proyek beliau dalam Diklat PIM III. Dijelaskan dalam sosialisasi tersebut mengenai proyek perubahan yang akan dilakukan oleh Kepala Sekretariat, yaitu kenyamanan kerja pada kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali melalui penataan dan pemanfaatan ruangan secara optimal, antara lain penataan perpustakaan, kantin, ruang kerja dan manajemen kearsipan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Perwakilan, Arman Syifa. Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan mengharapkan seluruh proyek perubahan yang dilakukan oleh para pejabat struktural BPK Perwakilan Provinsi Bali ini tidak boleh berhenti pada saat diklat selesai dilaksanakan, namun harus dilakukan secara kontinu.

Proyek perubahan ini juga harus dapat memberikan dampak yang signifikan bagi para pegawai sebagai pengguna utama dari fasilitas yang ada di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

 “Perpustakaan jangan hanya dicitrakan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sifatnya kaku, namun juga sebagai sumber untuk mencari hiburan”, jelasnya.

Selain itu, Kepala Perwakilan juga menekankan pentingnya publikasi kepada seluruh pegawai mengenai informasi yang terkait dengan perpustakaan. “Perpustakaan harus terus berkembang. Buku-buku baru perpustakaan dapat di update di grup perwakilan, untuk menarik minat pegawai datang ke perpustakaan”, tambahnya.

Terkait dengan kantin, Kepala Perwakilan mengharapkan hal ini dapat menunjang kinerja para pegawai. Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum pegawai kini tidak perlu lagi mencarinya keluar, tapi dapat memanfaatkan kantin yang sudah ada.

“Kedepannya saya mengharapkan keberadaan kantin ini juga dapat meningkatkan produktifitas kerja, karena pegawai tidak perlu lagi membuang waktu untuk membeli makanan di luar”, sambungnya.

Dalam acara yang diikuti oleh sekira 50 orang pegawai dan pejabat struktural BPK Perwakilan Provinsi Bali ini, juga disisipkan kegiatan pameran koleksi buku perpustakaan yang baru. Buku-buku yang dipamerkan dalam kegiatan ini merupakan hibah dari Perpustakaan BPK RI Pusat. Hibah ini adalah salah satu bentuk dukungan Perpustakaan BPK Pusat atas pembenahan dan perbaikan pengelolaan perpustakaan BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Kegiatan peluncuran bersama perpustakaan dan kantin ditutup dengan acara makan siang Kepala Perwakilan dengan pejabat struktural dan staf BPK Perwakilan Provinsi Bali di kantin yang baru dalam suasana yang penuh kehangatan.