DUKUNG PEMBENAHAN PERPUSTAKAAN, KASUBBAG PERPUSTAKAAN BPK RI KUNJUNGI PERWAKILAN BALI

Berita - Bimtek Perpustakaan

Denpasar, 30 April 2015 – BPK Perwakilan Provinsi Bali saat ini diketahui sedang melakukan pembenahan pengelolaan perpustakaan. Kegiatan pembenahan ini merupakan bagian dari proyek perubahan Diklat Pimpinan IV Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha, Ida Ayu Putu Risnawati.

Dalam rangka mendukung program pembenahan pengelolaan perpustakaan tersebut, pada Selasa (27/04), Kepala Subbagian Perpustakaan BPK, Dewi Kaniasari berkunjung ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Selain melihat proyek perubahan perpustakaan BPK Perwakilan Provinsi Bali, beliau juga memberikan bimbingan teknis mengenai pengolahan bahan pustaka kepada para staf Subbagian Humas dan Tata Usaha.

Dewi Kaniasari yang pada kunjungan kali ini didampingi oleh tiga orang staf perpustakaan, memberikan pencerahan kepada para staf Subbagian Humas dan TU BPK Perwakilan Provinsi Bali mengenai pendataan, sirkulasi dan pengklasifikasian bahan pustaka di perpustakaan. Tidak lupa pula, dalam salah satu materi bimbingan teknisnya, juga disisipkan informasi mengenai penggunaan dan pemanfaatan aplikasi SiPuspa.

SiPuspa sendiri adalah suatu sistem aplikasi terpadu yang berfungsi bukan hanya sebagai website perpustakaan, namun juga membantu pemustaka dalam kegiatan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan penagihan), pengolahan dan penelusuran bahan pustaka (Online Public Acces Catalog). SisPuspa memiliki jaringan yang terkoneksi antara satu perpustakaan dengan perpustakaan lain yang berada dalam lingkup BPK RI.

Bagi Humas dan TU BPK Perwakilan Provinsi Bali, kunjungan dari pengelola Perpustakaan BPK ini sangatlah dinantikan, karena pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan BPK Perwakilan Provinsi Bali selama ini belum dilakukan secara benar, sesuai dengan standar yang berlaku.

Melalui kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh bagi para staf Humas dan TU BPK Perwakilan Provinsi Bali mengenai manajamen perpustakaan modern, sehingga dapat berperan dalam memberikan pelayanan informasi yang akurat, cepat dan mutakhir bagi seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Pada hari terakhir kunjungan (29/04), Kepala Subbagian Perpustakaan juga memberikan bantuan berupa hibah bahan pustaka kepada Perpustakaan BPK Perwakilan Provinsi Bali.