SOSIALISASI PROYEK PERUBAHAN PENERAPAN PENCAIRAN BIAYA PERJALANAN DINAS LS PENUNJANG PENDUKUNG

Sosialisasi Proyek PerubahanKamis, 2 April 2015, bertempat di Ruang Aula Lantai 1 Gedung BPK Perwakilan Provinsi Bali, diselengarakan Sosialisasi Penerapan Pencairan Biaya Perjalanan Dinas LS Penunjang Pendukung. Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan, Pejabat Struktural, Ketua Tim Senior dan Staf Penunjang Pendukung tersebut dimulai pada pukul 14.00 WITA sampai dengan 15.30 WITA. Project Leader dalam acara tersebut adalah Kepala Sub Bagian Keuangan, Mari Maharani yang merupakan Siswa Diklat PIM IV Angkatan I Tahun 2015 yang dilaksanakan di Balai Diklat Yogyakarta.

Sosialisasi yang masih bagian dari rangkaian Diklat PIM IV Angkatan I Tahun 2015 tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan, Arman Syifa. Dalam sambutan pembukaannya, Arman Syifa menghimbau kepada semua peserta sosialisasi agar memperhatikan materi dengan baik. Selain hal tersebut, Kepala Perwakilan juga berharap agar proyek perubahan mengenai kemudahan pencairan biaya perjalanan dinas dapat dilaksanakan dengan lancar, sehingga tugas pokok dan fungsi BPK Perwakilan Bali dapat terlaksana.

Dalam pemaparannya, Mari Maharani menjelaskan latar belakang adanya proyek perubahan tersebut adalah perputaran UM masing-masing unit kerja yang mengakibatkan UP di Bendahara tidak tersedia. Hal tersebut mengakibatkan proses pencairan kekurangan  biaya perjalan dinas tidak dapat segera dibayarkan oleh bendahara pengeluaran. Eksesnya, bila pelaksana SPD akan ditugaskan kembali untuk melaksanakan perjalanan dinas ke luar daerah, bendahara pengeluaran tidak dapat memberikan UM maupun membayar kekuarangan biaya perjalanan dinas.

Untuk itu, proyek perubahan ini merupakan solusi atas permasalahan dan kekurangan pada sistem sebelumnya. Sistem LS yang digadang-gadang pada proyek perubahan ini, dapat memberikan kemudahan dan mempercepat proses pencairanbiayaperjalanan dinas. Salah satu tahapan yang telah dilaksanakan adalah penyusunan Prosedur Operasional Standar (POS) internal di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bali. Penyesuaian POS untuk memberikan pemahaman yang sama dan dijadikan panduan bagi pegawai yang melaksanakan perjalanan dinas.

Pada kesempaatan tersebut, Mari Maharani juga memaparkan POS Perjadin LS. Perjadin dengan mekanisme LS ini sudah dapat diimplementasikan ke pegawai yang melaksanakan perjadin. Dalam pemaparan penutupnya, Mari Maharani sangat berharap kerjasama seluruh  pegawai untuk dapat menyukseskan proyek perubahan yang telah dibuat tersebut.