BPK RI MENUJU ZONA INTEGRITAS, PERWAKILAN PROVINSI BALI MENJADI SATKER PERCONTOHAN

Sosialisasi Zona Integritas

Kamis, 18 Agustus 2014, seluruh pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Bali berkumpul di Gedung Aula Lantai 1 untuk mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh Inspektorat Utama dengan tema “Sosialisasi Pemenuhan Indikator Zona Integritas Satuan Kerja Piloting Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”.

Hadir sebagai pembicara, Bambang Adi Putranto selaku Inspektur yang membidangi Pengendalian Mutu Hasil Pemeriksaan dan Suyatna selaku Kepala Bidang Pengendalian Integritas dan Gusti Ngurah Kawindra sebagai moderator. Acara Sosialisasi Zona Integritas tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Arman Syifa.

Sebagaimana telah diketahui, BPK merupakan lembaga tinggi negara yang menerapkan tiga prinsip utama yaitu Integritas, Independensi dan Profesionalisme. Untuk itu perlu dibentuk suatu unit penggerak Zona Integritas yang bertujuan menciptakan budaya organisasi yang bersih dalam pola pikir dan prilaku dari setiap pegawai di BPK sehingga mencegah resiko dan potensi terjadinya korupsi yang akan mengganggu integritas BPK.

Berdasarkan SK Sekretaris jenderal No 339/K/X-XIII.2/8/2014 di jelaskan bahwa salah satu upaya percepatan pemberantasan korupsi di Lingkungan BPK ialah dengan memilih beberapa unit kerja yang telah memenuhi kriteria sebagai unit kerja Piloting Zona Integritas Menuju Wilayah bebas dari korupsi di Lingkungan BPK. Unit Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bali merupakan salah satu unit kerja yang dijadikan piloting project program ini bersama dengan Pusdiklat dan Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

BPK sendiri telah mencanangkan dan mempublikasikan pembangunan zona integritas tersebut pada tanggal 30 September 2013, dengan masa kerja unit penggerak intergritas terhitung mulai tanggal 1 juli sampai dengan 31 Desember 2014.

Setelah diadakan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan setiap pegawai mampu menjaga integritas dalam menjalankan tugas sehari-harinya sebagai pegawai di BPK RI. Acara tersebut ditutup oleh sambutan dari Kepala Perwakilan, Arman Syifa yang menanyakan kepada peserta di ruangan. “Sanggupkah saudara-saudara menerapkan Zona Integritas disini?”, yang dijawab serentak oleh para pegawai, “sangguuup”.