SEMINAR MENGELOLA KEUANGAN UNTUK MASA DEPAN : FINANCIAL PLANNING FOR GOVERNMENT EMPLOYEE

seminar safir senduk_resize

Denpasar, Januari 2014

Sub Bagian Remunerasi Biro SDM BPK RI dan Sub Bagian SDM BPK RI Perwakilan Provinsi Bali menyelenggarakan seminar dengan tema “Mengelola Keuangan untuk Masa Depan : Financial Planning for Government Employee” pada Selasa, 21 Januari 2014 dengan menghadirkan Safir Senduk (Perencana Keuangan) sebagai pembicara. Seminar yang digelar di Ruang Rapat Lantai 3 kantor perwakilan ini dihadiri oleh para pejabat struktural dan seluruh pegawai di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali.

Seminar dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan selaku Plh. Kepala Perwakilan (Ida Bagus Ketut Wisnu). Dalam sambutannya, Kepala Sekretariat berharap agar seminar sehari ini bisa memberikan manfaat kepada seluruh pegawai, terutama dalam hal perencanaan keuangan rumah tangga dan kesejahteraan pegawai. Dalam pemaparannya, Safir Senduk menyatakan bahwa kekayaan tidak diukur dari seberapa banyak penghasilan kita tetapi diukur dari seberapa banyak investasi yang kita miliki. “Keuangan berkaitan erat dengan karakter seseorang. Seperti apa karakter kita, akan menentukan bagaimana kita memandang uang dan mengelola keuangan,” jelas perencana keuangan bersertifikat CFP (Certified Financial Planner) ini.

Peserta seminar tampak antusias menyimak materi yang dipaparkan. Berbagai pertanyaan diajukan seputar tips dan trik mengelola keuangan. “Pola mutasi di BPK menyebabkan banyak pasangan suami istri hidup di kota yang berbeda. Bagaimana pengelolaan keuangan untuk pasangan yang berjauhan seperti kami?” tanya Dedeh Haryati (Staf Sub Bagian Umum). Menjawab pertanyaan tersebut Safir Senduk menyatakan hendaknya dibuat rekening bersama sebagai pos untuk pengeluaran rumah tangga. Sumber dananya bisa dari pihak suami atau istri tergantung dari kesepakatan antar keduanya. Seminar ditutup dengan pemberian souvenir kepada para penanya dan foto bersama dengan seluruh peserta seminar.