UPACARA BENDERA HARI KEMERDEKAAN RI KE 68 17 AGUSTUS 2013

UPACARA HUT RI 1 17 OKT 2013_resize

Denpasar, Agustus 2013

BPK RI Perwakilan Provinsi Bali melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68 pada Sabtu, 17 Agustus 2013 lalu. Upacara yang digelar di halaman kantor perwakilan ini dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan Provinsi Bali. Pada upacara yang seluruh petugasnya adalah para pejabat struktural tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Ida Bagus Ketut Sidhastu, SE., MM. (Kepala Sub Bagian Sekretariat Kepala Perwakilan) sedangkan Kepala Perwakilan (Efdinal, SE., MM.) bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam pidato Ketua BPK RI (Drs. Hadi Poernomo, Ak.) yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, kembali diingatkan bahwa sebagai lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK menjadi salah satu pihak yang berperan besar dalam menjaga dan memastikan keuangan negara dipergunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. Seluruh aktifitas pembangunan di bidang apapun selalu menggunakan keuangan negara sehingga keuangan negara harus dikelola dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar.

Lebih lanjut Ketua BPK RI juga mengingatkan kembali beberapa kiprah BPK dalam pergaulan organisasi pemeriksa internasional. BPK telah mempelopori berdirinya organisasi ASEANSAI pada 16 November 2011 dan menjadi Ketua ASEANSAI yang pertama. BPK juga terpilih sebagai Ketua Working Group on Environmental Audit (INTOSAI WGEA) periode 2013-2016. BPK turut berpartisipasi dalam pengembangan pedoman pemeriksaan tentang pencegahan korupsi dan pencucian uang dalam Working Group on Fight Against Corruption and Money Laundering (INTOSAI WGFACML). Selain itu BPK juga memimpin penyusunan standar pemeriksaan atas dana bantuan bencana alam dalam INTOSAI WGAADA. Partisipasi aktif BPK tidak hanya di ASEANSAI dan INTOSAI tetapi juga dalam organisasi BPK se-ASIA yaitu ASOSAI.