Duta BPK 15 Negara di Ubud

Gianyar – Pertemuan auditor (BPK) 15 negara Asia-Pasifik atau steering committee meeting INTOSAI WGEA di Hotel kamandalau, Ubud diselingi parade budaya di depan Puri Peliatan Ubud Gianyar sore kemarin. Parade yang berlangsung sekitar pukul 17.30 itu menampilkan berbagai atraksi seni yang diarsiteki AA Dalem. Melihat dari dekat parade yang berlangsung kurang dari 30 menit itu.

Jalan raya Peliatan praktis dialihkan selama parade berlangsung. Kendaraan yang datang dari arah Tegallalang dibelokkan ke barat menuju Padang Tegal. Begitu pula kendaraan yang datang dari selatan dialihkan ke barat menuju kawasan Monkey Forest. Pihak keamanan nampak berjaga-jaga di setiap kerumunan warga. Aparat keamanan tidak ingin kecolongan setelah bom JW Marriot dan Ritz Carlton Jakarta 17 Juli lalu.

Parade seni yang menampilkan atraksi barong landung, barong macan, barong ketet, jegog, serta tarian penyembrahma, itu membuat duta 15 negara terkesima. Sambil menonton, mereka tidak lupa mengabadikan momen langka itu dengan kamera poket. Kedatangan duta negara di Peliatan disambut penglingsir Puri Peliatan yang juga Sekkab Gianyar Cokorda Putra Nindia. Hadir pula Bupati Gianyar Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace, Wabup Dewa Sutanaya dan pejabat penting lainnya. Usai parade dilanjutkan jamuan makan malam dipuri Peliatan. Sebelum parade, rombongan juga menyempatkan diri melihat jampung kokokan di Desa Petulu. Pertemuan BPK 15 negara berlangsung hingga 7 Agustus mendatang.

Radar Bali, Selasa 4 Agustus 2009