KUNJUNGAN SISWA-SISWI SMK NEGERI I KENDAL

KKL SMKN 1 Kendal 1_edit

Denpasar, Februari 2013

Empat orang pendamping dan 150 siswa-siswi SMK Negeri 1 Kendal bertamu ke Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bali pada Selasa, 5 Februari 2013. Zainal Abidin, SE., MM. (Kepala Sub Bagian Umum selaku Plh. Kepala Perwakilan) menerima rombongan yang bertandang dalam rangka Kunjungan Industri ini di auditorium kantor perwakilan.

Setelah sambutan dari Plh. Kepala Perwakilan, giliran ketua rombongan (Ngudiana Putra) menyampaikan tujuan dan maksud kunjungan. Selanjutnya, Ketua Tim Yunior dari Sub Auditorat Bali I (I Putu Karang Riyasa, SE., Ak.) memberikan pemaparan mengenai BPK RI dan profil BPK RI Perwakilan Provinsi Bali yang antara lain menjelaskan tentang Landasan Hukum BPK RI (Konstitusional dan Operasional), Kedudukan BPK Berdasarkan UUD 45 (sebelum dan sesudah amandemen), Tugas BPK, Wewenang BPK, Visi dan Misi BPK, Struktur Organisasi BPK (Keanggotaan BPK RI dan Lingkup Tugasnya), Sejarah Terbentuknya Perwakilan Provinsi Bali, Struktur Organisasi dan Entitas Pemeriksaan Perwakilan Provinsi Bali, Jenis dan Siklus Pemeriksaan, Unsur Kesekretariatan (Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Sarana dan Prasarana) serta Kegiatan Perwakilan Provinsi Bali.

KKL SMKN 1 Kendal 2_edit

Para siswa tampak antusias melontarkan pertanyaan pada sesi tanya jawab. “Dalam melakukan pemeriksaan, auditor pasti menghadapi kendala. Strategi apa yang dilakukan auditor dalam mengatasi kendala tersebut?” tanya Alifatul Dewi, salah seorang siswa. Menjawab pertanyaan tersebut, Ketua Tim Yunior menjelaskan bahwa memang benar dalam melakukan pemeriksaan, pemeriksa menghadapi kendala-kendala. Karena itu, BPK membekali semua pemeriksa dengan diklat. Selain sebagai bekal dalam menghadapi berbagai masalah, diklat juga diberikan dengan tujuan mencapai profesionalisme dalam melakukan pemeriksaan. “Kendala yang dihadapi bisa berupa intervensi karena adanya kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan entitas. Karena itu, seorang auditor harus mampu melakukan pendekatan-pendekatan dimana pendekatan ini BPK berikan berupa berbagai macam diklat. Auditor tidak hanya harus memiliki pengetahuan tentang laporan keuangan tetapi juga pengetahuan lain yang mendukung pelaksanaan pemeriksaan,” imbuh Plh. Kepala Perwakilan. Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama.