KUNJUNGAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI UNIVERSITAS GADJAH MADA

KKL FE UGM_edit

Denpasar, Januari 2013

Dua orang dosen, empat orang staf pendamping dan 70 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada bertamu ke Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Bali pada Rabu, 23 Januari 2013. Rombongan yang bertandang dalam rangka Kunjungan Perusahaan ini diterima oleh Kepala Sub Bagian Sekretariat Kepala Perwakilan (Ida Bagus Ketut Sidhastu, SE., MM.) di auditorium kantor perwakilan.

Setelah sambutan dari Kepala Sub Bagian Sekretariat Kepala Perwakilan (Kepala Subbag Setlan) selaku Plh. Kepala Perwakilan, giliran Ketua Program (Drs. Sugiarto, MBA., M.Acc., Ak., CPA) sebagai perwakilan rombongan menyampaikan tujuan dan maksud kunjungan. Selanjutnya, Kepala Subbag Setlan memberikan pemaparan mengenai BPK RI dan profil BPK RI Perwakilan Provinsi Bali yang antara lain menjelaskan tentang Landasan Hukum BPK RI (Konstitusional dan Operasional), Kedudukan BPK Berdasarkan UUD 45 (sebelum dan sesudah amandemen), Tugas BPK, Wewenang BPK, Visi dan Misi BPK, Struktur Organisasi BPK (Keanggotaan BPK RI dan Lingkup Tugasnya), Sejarah Terbentuknya Perwakilan Provinsi Bali, Struktur Organisasi dan Entitas Pemeriksaan Perwakilan Provinsi Bali, Jenis dan Siklus Pemeriksaan, Unsur Kesekretariatan (Sumber Daya Manusia, Ketersediaan Sarana dan Prasarana) serta Kegiatan Perwakilan Provinsi Bali.

Para mahasiswa tampak antusias melontarkan pertanyaan pada sesi tanya jawab. “Audit terhadap BPK dilakukan oleh KAP. Selain oleh KAP, apakah tidak ada lembaga lain yang melakukan audit terhadap BPK?” tanya Okky Anugerah Sakti, salah seorang mahasiswa. Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Subbag Setlan menjelaskan bahwa selain di-audit oleh KAP yang telah ditunjuk oleh DPR, BPK RI juga di-audit oleh BPK negara lain. “Audit yang dilakukan KAP terhadap BPK RI hanya sebatas audit laporan keuangan saja. Sementara BPK negara lain melakukan audit kinerja, tentang bagaimana BPK RI melakukan tugas pemeriksaan terhadap entitasnya. BPK negara lain yang pernah melakukan audit terhadap BPK RI adalah BPK Belanda,” imbuh Kepala Subbag Setlan. Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama.