KUNJUNGAN KETUA BPK RI KE KANTOR PERWAKILAN PROVINSI BALI

Denpasar, September 2012

Ketua BPK RI (Drs. Hadi Poernomo, Ak) melakukan kunjungan ke kantor Perwakilan Provinsi Bali dalam rangka meninjau kesiapan pelaksanaan e-audit pada Senin, 10 September 2012 lalu. Ketua BPK RI didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK RI (Hendar Ristriawan, SH., MH.), Kepala Biro TI (Beni Ruslandi SE., M.Com., Ak.), Kabag PAK (Novis P.), Kasudbit Litbang RK2 (Ria Anugriani) dan Tim Biro TI BPK RI. Rombongan diterima di Ruang Rapat Lantai 3 oleh Kepala Perwakilan lama yang kini menjabat sebagai Kepala Auditorat VI.A pada AKN VI BPK RI (Tri Heriadi, SH., MM.), Kepala Perwakilan yang baru (Efdinal, SE., MM.) dan para pejabat struktural di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan yang lama menyampaikan progress report persiapan pelaksanaan e-audit di Perwakilan Provinsi Bali yang diantaranya adalah telah ditandatanganinya MoU terkait e-audit dengan 10 entitas pada 20 Juni 2011, kemudian tanggal 21-22 Mei 2012 telah dilakukan sosialisasi penerapan e-audit dan Surat Keputusan Bersama Akses Data pada seluruh entitas, dan tanggal 23-24 Mei 2012 telah dilakukan pemasangan Agen Konsolidator (AK) di Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Pemerintah Kabupaten Jembrana. Selanjutnya akan segera dijadwalkan pembahasan Kesepakatan Bersama mengenai Juknis Akses Data.

Dalam pemaparannya, Ketua BPK menjelaskan mengenai urgensi dilaksanakannya e-audit. “e-audit bukanlah kemauan melainkan kewajiban BPK dalam memenuhi tanggung jawab atas perintah Undang-Undang. Dengan adanya e-audit, pemeriksaan yang tadinya secara sampling dapat dilakukan terhadap seluruh populasi,” terang Ketua BPK RI dalam acara yang dihadiri pula oleh para Ketua Tim Senior (KTS) dan Ketua Tim Yunior (KTY) di lingkungan Perwakilan Provinsi Bali tersebut. Ketua BPK juga menjelaskan mengenai prosedur e-audit, yang dimulai dari temuan via e-audit, korespondensi yang kemudian dilanjutkan dengan Field Audit. Ketua BPK menyampaikan apresiasi dan menilai pemasangan AK di Perwakilan Provinsi Bali sudah baik karena seluruh Indonesia baru 55 AK terpasang, 4 sudah terpasang di Bali dan akan menyusul pemasangan 2 AK lagi. Apresiasi juga disampaikan Ketua BPK atas respon positif dari Kepala Perwakilan tentang kesiapan pelaksanaan e-audit dan pemaparan tentang progres e-audit di Perwakilan yang jelas dan lengkap.

Dalam acara tersebut dilakukan juga demo penayangan data melalui akses e-audit oleh Putu Eka Kumara Dewi (LO TI Perwakilan Provinsi Bali), pemberian arahan oleh Sekretaris Jenderal BPK RI, pemaparan oleh Kepala Biro TI, pemaparan mengenai pola hubungan entitas dan data oleh Kasudbit Litbang RK2 serta pemaparan mengenai skema konsolidasi dan distribusi data BPK RI oleh Kabag PAK. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan makan siang bersama.