BALI SIAP MENJADI TUAN RUMAH DEKLARASI ASEANSAI

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kerjasama diantara lembaga pemeriksa negara-negara anggota ASEAN, akan dibentuk asosiasi lembaga pemeriksa di tingkat Asia Tenggara atau The Association of Southeast Asian Nations Organization of Supreme Audit Institutions (ASEAN SAI). Dasar pembentukan asosiasi ini dibahas dalam Pertemuan Teknis Pendirian ASEAN SAI di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, yang berlangsung pada 25 s.d. 27 Juli 2011.

Saat ini, SAI negara-negara anggota ASEAN merupakan anggota dari asosiasi lembaga pemeriksa di tingkat Asia (Asian Organization of Supreme Audit Institutions/ASOSAI) dan Internasional (International Organization of Supreme Audit Institutions/INTOSAI). Kegiatan INTOSAI dan ASOSAI lebih menekankan pada pengembangan kapasitas SAI di tingkat internasional dan Asia, sehingga tidak terfokus pada pengembangan kapasitas bagi SAI negara anggota ASEAN. INTOSAI dan ASOSAI juga tidak berfokus pada isu-isu pemeriksaan yang penting dan berkembang di kawasan Asia Tenggara.

Deklarasi dan Sidang Pertama ASEAN SAI akan dilaksanakan pada acara ASEAN Summit tanggal 15 s.d.17 November 2011 oleh para Ketua SAI ASEAN yang disaksikan oleh para Kepala Negara di Bali International Convention Centre (BICC) di Hotel Westin Nusa Dua Bali.

Berbagai persiapan telah dilakukan terkait terselenggaranya acara tersebut, salah satu rangkaian persiapan acara tersebut adalah peninjauan lokasi yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2011 oleh Ketua BPK RI Bapak Hadi Poernomo. Terkait dengan acara tersebut sehari sebelumnya dilakukan survey pendahuluan oleh Tim survey yang terdiri dari Biro Humas dan Luar Negeri dan Perwakilan Provinsi Bali. Tim survey melakukan survey di Kawasan Internasional Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Nusa Dua yaitu Hotel Ayodya, Inna Putri Bali, Westin dan Nusa Dua Beach Hotel. Survey juga dilakukan di daerah Ubud yaitu Restoran Laka Leke dan Museum Arma.

Ketua BPK RI dan rombongan tiba di Denpasar pada tanggal 7 September 2011 malam. Sesuai rencana, pada tanggal 8 September 2011 Ketua BPK RI didampingi Anggota BPK RI, Sekjen, Tortama VI, Karo Humas dan Luar Negeri, Kepala Perwakilan dan rombongan meninjau lokasi di Hotel Ayodya, Westin, Inna Putri Bali, Nusa Dua Beach Hotel dan Museum Arma.

Survey berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, Ketua BPK RI dan rombongan kembali ke Jakarta pada tanggal 9 September 2011.

Denpasar, September 2011