Pembangunan Sport Center Bangli Memasuki Tahap I, Anggaran Bersumber dari BKK Kabupaten Badung

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Harapan masyarakat Bangli memiliki Gedung Olahraga (Sport Center) nampaknya segera terwujud. Sebab Pemkab Bangli kini telah memulai tahap awal pembangunan, yang dianggarkan sebesar Rp 30 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdikpora Bangli, I Komang Pariarta, Rabu 13 Maret 2024. Kata dia, secara umum pembangunan Gedung Olahraga diperkirakan butuh anggaran total Rp 600 miliar. Karena kebutuhan anggaran yang besar, maka pembangunan dilaksanakan secara bertahap, menyesuaikan anggaran yang tersedia.

“Sementara ini, kita targetkan pembangunan tuntas seluruhnya dalam 5 tahun. Namun tetap kita sesuaikan dengan anggaran yang ada. Pak bupati akan berupaya maksimal tidak hanya dibiayai dari dana kabupaten, namun juga sumber dana lainnya. Tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Di tahun 2024 akan dimulai tahap I pembangunan. Anggaran yang dialokasikan untuk tahap I sebesar Rp 30 miliar yang bersumber dari BKK Kabupaten Badung. “Dari jumlah tersebut, untuk pembangunannya dialokasikan Rp 29 miliar lebih,” katanya.

Pada tahap I, lanjut Pariarta, fokusnya adalah penataan dan pembangunan. Penataan berupa perataan lahan akses masuk, pembuatan saluran drainase, hingga pembuatan dinding penahan tanah.
Sedangkan pembangunan meliputi pembuatan lapangan sepak bola hingga lintasan atletik.

“Tahap I saat ini sudah memasuki proses tender. Sesuai jadwalnya, pada akhir Maret ini sudah penentuan pemenang. Untuk pembangunan lapangan sepak bola dipastikan selesai tahun ini, sehingga bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Pariarta menegaskan, kualitas pembangunan Sport Center Bangli ini diharapkan bisa bertaraf internasional. Tak hanya berupa lapangan sepak bola dan lintasan atletik, Sport Center juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas. Mulai dari aquatic area, mini soccer area, volly outdoor, panjat tebing, jogging track, food court, hingga taman terbuka.

Termasuk juga kendaraan, food court, hingga VIP Lounge.
“Itu untuk fasilitas outdoor. Adapula GOR Indoor yang memiliki kapasitas 4.000 orang. Di dalamnya ada fasilitas judo, silat/karate, area terpadu, ruang ganti pemain dan wasit, area billyard, area tinju, ruang medis. Termasuk juga kantor KONI dan sekretariat bersama,” paparnya.

Pariarta menambahkan, Bangli selama ini memiliki banyak bibit unggul di berbagai cabang olahraga. Tidak hanya berprestasi di tingkat daerah, namun juga tingkat nasional dan internasional.

“Karenanya dengan pembangunan Sport Center, kami berharap bisa memfasilitasi atlet muda Bangli di bidang olahraga. Sehingga mampu mendukung prestasi generasi muda Bangli di bidang olahraga, yang tentunya juga mengharumkan nama Kabupaten Bangli di tingkat nasional bahkan internasional,” tandasnya. (mer)

Sumber : TRIBUN-BALI.COM