Pujawali Pura BPK Perwakilan Provinsi Bali pada Purnama Sasih Kaulu

Denpasar, 25 Januari 2024 – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bali melaksanakan karya piodalan/pujawali Pura BPK Perwakilan Provinsi Bali yang jatuh pada Purnama Kaulu, Kamis (25/01). Membangun kebersamaan dalam karya pujawali ini, kegiatan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (BDPKN) Bali Bustanul Arifin, para pejabat struktural dan fungsional, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Hasib, Ketua Paguyuban Umat Kristiani BPK Perwakilan Bali, dan umat Hindu Para Pensiunan BPK (PAPESKA) Bali.

Acara dibuka dengan sambutan Manggala Umat Hindu (Ketua Pasemetonan Umat Hindu BPK Bali) I Made Dharma Sugama Putra. Made Dharma menjelaskan tahun ini selain karya piodalan juga dilaksanakan Upacara Rsi Gana yang bertujuan untuk menetralisir kekuatan alam yang dapat mengganggu areal lingkungan BPK Perwakilan Bali.

Kepala Perwakilan menyampaikan terima kasih kepada seluruh semeton Umat Hindu BPK Bali atas bantuan dan partisipasinya sehingga acara piodalan dapat berjalan dengan lancar, serta silaturahmi dan toleransi antar agama di BPK Bali dapat terjalin dengan baik.

Upacara pujawali merupakan bagian dari Dewa Yajna yang berarti memuja kembali keagungan Tuhan pada hari yang sudah ditentukan. Pujawali atau piodalan sebagai wujud rasa terima kasih kepada leluhur, penggagas dan pendahulu oleh generasi penerusnya. Wujud terima kasih itu berupa pelestarian budaya sebagai bagian dari upaya pembumian ajaran Weda.