Pemkot Denpasar Ganti 15.997 Titik APJ

DENPASAR, NusaBali – Pemkot Denpasar bakal mengganti sebanyak 15.997 titik alat penerangan jalan (APJ). Belasan ribu APJ tersebut direalisasikan dengan sistem kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) sebesar Rp 424 miliar.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, Senin (22/1). Menurut dia, saat ini masih dilakukan proses koordinasi dengan Kementerian. Rencana realisasi KPBU APJ untuk konstruksi diperkirakan pada triwulan IV atau Oktober 2024.

Menurutnya, untuk awal proses penggantian ada sebanyak 15.997 titik di 3 ruas fungsi jalan arteri, kolektor, dan lingkungan. “Kira-kira pada triwulan IV Tahun 2024 atau Oktober 2024 realisasinya. Pada feasibility study (FS) awal APJ diganti sebanyak 15.997 titik, yang akan direalisasikan pada Oktober 2024,” kata Wisnu.

Dikatakannya, untuk anggaran penggantian APJ tersebut sekitar Rp 424 miliar yang berasal dari KPBU. Total investasi baik Capex maupun Opex masa konsesi selama 11 tahun. Menurut dia, konsep pengembalian investasinya menggunakan capability payment. Sehingga dalam 11 tahun investasi tersebut sudah terbayarkan lunas.

Menurut Wisnu, sebagai pengganti APJ lama nantinya semua akan menggunakan LED menyesuaikan dengan Permenhub 47 Tahun 2023. “Penggantiannya semua menggunakan LED, untuk konstruksi rencananya staging atau proses persiapan dan pengujian dengan masa 2 tahun,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, mengatakan APJ di Denpasar saat ini perlu ada pergantian untuk menghemat biaya. Sebab, jika diganti dengan LED maka biaya untuk beban listrik bisa dihemat. 7 mis

Sumber : NusaBali