Dana Kreativitas ST Tak Boleh Digunakan Beli Ogoh-ogoh

Badung, BaliPost_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, mengalokasikan dana lebih dari Rp10 miliar untuk mendukung kreativitas sekaa teruna (ST) dan yowana dalam pembuatan ogoh-ogoh menyambut hari raya Nyepi 2024. Setiap ST dan yowana akan menerima bantuan uang Rp20 juta, dengan syarat membuat ogoh-ogoh sendiri tanpa membeli.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha menyatakan bahwa ini merupakan kebijakan Bupati Badung untuk mendukung kreativitas generasi muda di daerah tersebut. Para peserta saat ini sedang mengumpulkan proposal, dan bupati akan memberikan pengarahan pada 5 Februari 2024.

“Untuk proposal dari sekaa teruna di Kabupaten Badung hampir seluruhnya sudah masuk. Memang ada beberapa yang perlu dilengkapi,” ungkap Sudarwitha, Selasa (23/1).

Selain bantuan uang, Pemkab Badung juga menyiapkan hadiah menarik untuk ogoh-ogoh terbaik, dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah. Bupati Giri Prasta juga memberikan apresiasi kepada pemenang dan memberikan peluang untuk mengajukan proposal kegiatan dengan bantuan yang cukup besar.

Pemkab Badung telah menetapkan hadiah juara mulai dari Rp25 juta hingga Rp50 juta. Untuk menilai ogoh-ogoh, 20 juri akan disebar ke seluruh kecamatan, dengan penilaian mempertimbangkan partisipasi dalam lomba dan batas waktu pawai hingga pukul 22.00 Wita.

Sumber : BaliPost