Desa Berprestasi Ditambahi Dana Desa Rp 5,4 Miliar

Besaran tambahan dana desa yang diberikan untuk 65 desa di Buleleng bervariasi, mulai Rp 30 juta hingga Rp 174,64 juta.

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 65 desa di Buleleng mendapatkan tambahan Dana Desa (DD) sebesar Rp 5,4 miliar dari pemerintah pusat. Tambahan DD ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja keuangan, pembangunan, dan tata kelola keuangan desa.

Tambahan DD ini diberikan pada anggaran perubahan 2023 dan akan langsung ditransfer ke kas desa. Masing-masing desa mendapatkan alokasi tambahan dengan jumlah yang berbeda, berkisar Rp 30 juta – Rp 174,64 juta.

Menurut Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng I Made Dwi Adnyana, penggunaan tambahan DD sudah diatur dalam ketentuan. Yakni dapat digunakan untuk mendanai kegiatan sesuai prioritas desa dan penanganan bencana alam dan non alam.

“Sekarang sedang terjadi bencana El Nino, tambahan anggaran ini bisa digunakan untuk penanganan dampak. Seperti kekeringan, kesulitan air bersih termasuk penurunan produktivitas pertanian dan wabah penyakit,” imbuhnya.

Dinas PMD Buleleng akan melakukan pendampingan dalam penggunaan tambahan DD yang diterima oleh 65 desa. Masing-masing desa penerima tambahan DD juga diwajibkan melaporkan program apa saja yang menjadi prioritas yang akan didanai dari penggunaan tambahan anggaran tersebut.

Tambahan DD ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja desa dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 7k23

Sumber : NusaBali