Jembrana Mendapat BKK Provinsi Rp 43 Miliar, Apresiasi Gubernur Bali ke Kabupaten Jembrana

TRIBUN-BALI.COM – Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Wagub, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyerahkan secara langsung Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali senilai Rp43 Miliar ke Kabupaten Jembrana di GOR Krisna Jvara, Selasa 14 Februari 2023. Jumlah BKK yang meningkat jauh dari tahun lalu ini sebagai apresiasi Gubernur Bali terhadap Kabupaten Jembrana.

Selain bantuan BKK senilai Rp43 Miliar kepada pemerintah kabupaten Jembrana, Gubernur Bali juga menyerahkan bantuan berupa Hibah Aset Tanah sebanyak 16 bidang tanah dengan luas 5,78 hektare. Termasuk juga bantuan sosial dan BKK untuk perangkat desa dan Desa Adat.

Rinciannya yakni, bantuan sosial kepada korban bencana senilai Rp2,1 Miliar, Bantuan Keuangan Khusus kepada pemerintah Desa se-Kabupaten Jembrana untuk Tambahan Penghasilan Perbekel dan perangkat Desa senilai Rp2,66 Miliar, dan bantuan Keuangan Khusus untuk Desa Adat se-Kabupaten Jembrana senilai Rp19,2 Miliar kepada 64 Desa Adat di Kabupaten Jembrana. Selain itu, juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus untuk Subak/Subak Abian se-Kabupaten Jembrana senilai Rp2,3 Miliar kepada 230 Subak.

Dihadapan ribuan krama Jembrana, Gubernur Wayan Koster menyampaikan 44 tonggak capaian pembangunan di Bali.

“Di Jembrana sendiri kita sudah ground breaking jalan tol Gilimanuk – Mengwi serta nantinya ada penunjang pariwisata yakni Paramount,” katanya.

Terkait BKK, kata dia, kedepannya nilai bantuan keuangan khusus untuk kabupaten Jembrana akan diupayakan meningkat dari tahun ini.

“Kami akan selalu berusaha mencari potensi-potensi daerah. Saat ini sejumlah pembangunan-pembangunan besar di Bali beberapa sudah rampung dan sudah berjalan. Jadi kita bisa fokuskan BKK untuk masing – masing kabupaten di tahun depan,” jelasnya.

Gubernur Koster juga secara khusus melontarkan pujiannya kepada Bupati I Nengah Tamba. Sosok I Nengah Tamba menurut Gubernur adalah Bupati yang sangat cerdas menjalin komunikasi dan mampu menyenangkan dirinya. Meskipun berbeda partai, Koster sangat mengapresiasi Bupati Jembrana. Tidak pernah ada yang dibedakan.

“Kita buka komunikasi dengan semua pimpinan daerah, karena membangun Bali harus secara keseluruhan. Baik itu sisi utara, selatan, timur hingga barat pulau Bali untuk kesejahteraan masyarakat. Skala maupun niskala,” cetus Gubernur asal Sembiran, Buleleng ini.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Wakilnya, I Gede Ngurah Patriana Krisna sangat berterima kasih kepada Gubernur Bali karena telah memberikan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada Jembrana. Tentunya bakal dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan Gumi Makepung ini.

“Dengan BKK ini, kita berharap pembangunan di Jembrana bisa terealisasi dan Jembrana semakin maju,” katanya.

Nengah Tamba juga mengapresiasi terhadap pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten di Bali oleh Gubernur Koster.

“Meski berbeda warna, Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Bapak Gubernur tidak membeda bedakan pembangunan khususnya di Jembrana. Semoga kedepannya hal seperti ini terus berlanjut demi mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia,” tandasnya.(*)

Sumber : TRIBUN-BALI.COM