Ritual Umat Hindu ke Pura Besakih, Persembahyangan Memohon Berkah Ida Sang Hyang Widhi Wasa

Denpasar, April 2010
Bertepatan dengan Purnama Kedasa (bulan penuh) yang jatuh pada hari Senin, 29 Maret 2010, dilaksanakan upacara ”Betara Turun Kabeh” di Pura Besakih. Dipercaya oleh umat Hindu, pada saat upacara Betara Turun Kabeh seluruh Dewa sebagai manifestasi saktinya Ida Sang Hyang Widhi Wasa turun ke bumi untuk menyelamatkan alam semesta dan memberikan berkah kepada seluruh umat manusia. Upacara ”Betara Turun Kabeh” merupakan upacara yang digelar setiap tahun tepat pada Purnama Kedasa.

Dalam rangka meraih berkah Ida Sang Hyang Widhi Wasa, umat Hindu BPK RI Perwakilan Provinsi Bali melaksanakan persembahyangan ke Pura Besakih yang terletak di bawah kaki Gunung Agung, Kabupaten Karangasem. Persembahyangan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 1 April 2010 pukul 14.00 WITA dan dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan (I Gede Kastawa, S.E., M.M.) serta Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Bali (I Putu Wisudhantara, S.E., M.M.).

Sebelum menuju Pura Besakih, rombongan umat Hindu BPK RI Perwakilan Provinsi Bali terlebih dahulu melaksanakan persembahyangan di Pura Ulun Danu Batur yang berlokasi di Lereng Gunung Batur, tepatnya di Desa Kitamani, Kabupaten Bangli. Dengan melaksanakan upacara persembahyangan, diharapkan agar umat Hindu di lingkungan Kantor Perwakilan Provinsi Bali mendapatkan berkah dan keselamatan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.(iga)