BPK PERWAKILAN BALI MENERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN SISWA SMK NEGERI 1 BANYUMAS SEKALIGUS

Denpasar, Rabu, 18 Oktober 2017 – Pada hari Rabu 18 Oktober  2017 bertempat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali menerima kunjungan dari Mahasiswa Manajemen Bisnis Vokasi Universitas Airlangga dan Siswa SMK Negeri 1 Banyumas sekaligus. Sekitar 166 mahasiswa dan pendamping memenuhi ruangan auditorium yang disambut oleh Kepala Sub Bagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali, Ibu Ida Ayu Putu Risnawati. Kunjungan ini difasilitasi oleh Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Perwakilan Provinsi Bali

Dalam sambutannya di depan seluruh tamu yang hadir, Ida Ayu Putu Risnawati menyambut baik kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Airlangga dan Siswa SMK Negeri 1 Banyumas saja, namun juga bagi BPK sendiri. Momen seperti ini merupakan salah satu sarana untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan mengenai peran, tugas pokok dan kewenangan BPK, khususnya dalam melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Kegiatan semacam ini merupakan  Public Awareness BPK RI  Perwakilan Provinsi Bali untuk diseminasi ke-BPK-an dan Reformasi Birokrasi kepada masyarakat luas termasuk kalangan akademik.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan oleh Auditor Senior BPK, I Gusti Ngurah Kawindra, dalam paparannya Ngurah Kawindra menjelaskan secara umum mengenai Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, mulai dari Sejarah, landasan hukum pendirian BPK sampai dengan tugas dan wewenang lembaga ini.

Dijelaskan bahwa BPK RI merupakan satu-satunya lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Peran BPK sangat penting untuk memberikan jaminan kepada rakyat Indonesia, bahwa eksekutif telah mengelola dan mempertanggungjawabkan anggaran negara secara benar sesuai dengan standar yang ada. Kegiatan diskusi ditutup dengan acara foto bersama dan pertukaran souvenir oleh masing-masing lembaga (Yd).