PERINGATI HARI KELAHIRAN PANCASILA, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA

Upacara LPDenpasar, 1 Juni 2017 – Memperingati hari kelahiran Pancasila ke-72, pada hari ini (Kamis, 1/6) segenap pelaksana BPK RI seluruh Indonesia menggelar kegiatan upacara bendera di kantornya masing-masing, tidak terkecuali dengan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Di kantor ini, upacara dilaksanakan tepat di halaman Gedung BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Upacara bendera yang dimulai sejak pukul 08.00 WITA tersebut, diikuti oleh seluruh staf dan pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan, Yulindra Tri Kusumo Nugroho.

Kepala Perwakilan selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan ini membacakan secara langsung surat sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menekankan arti penting Pancasila sebagai pedoman bangsa dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita  perlu  belajar  dari pengalaman buruk  negara  lain yang  dihantui  oleh  radikalisme,  konflik  sosial,  terorisme  dan perang  saudara.  Dengan  Pancasila dan  UUD  1945 dalam bingkai  NKRI dan  Bhinneka  Tunggal  lka,  kila bisa  terhindar dari  masalah  tersebut.  Kita  bisa  hidup  rukun  dan  bergotong royong untuk  memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia  adalah  harapan  dan  rujukan  masyarakat internasional  untuk  membangun  dunia  yang  damai,  adil dan makmur  di  tengah  kemajemukan”, ujar Presiden dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan.

Bagi BPK sendiri, upacara bendera dalam rangka peringatan hari besar nasional merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk menjadikan peringatan hari besar nasional sebagai salah satu sarana menumbuhkan semangat dan disiplin dalam membangun kesadaran kolektif para staf dan pelaksana BPK menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemeriksa yang mandiri, profesional dan berintegritas.

Khusus untuk peringatan hari lahir Pancasila, BPK Perwakilan Provinsi Bali baru tahun ini diperingati dengan kegiatan Upacara Bendera. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, dimana hari lahir Pancasila diperingati dengan upacara pengibaran bendera merah putih. (bd)