SEBAGAI BENTUK PENYUCIAN DIRI, UMAT HINDU BPK PERWAKILAN BALI GELAR SEMBAHYANG PURNAMA

Berita PurnamaDenpasar, 22 Februari 2016 – Sebagai bagian dari upacara penyucian diri, umat Hindu BPK Perwakilan Provinsi Bali hari ini (Senin, 22/2) menggelar upacara sembahyang Purnama di Pura Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, Padmanyana.

Tampak hadir dalam upacara sembahyang ini Kepala Sekretariat, I Putu Wisudhantara, Kasubbag Humas dan TU, Ida Ayu Putu Risnawati, Kasubbag SDM, Anak Agung Leli Kusuma Dewi dan sekira 20 orang pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali. Seluruhnya tampak dengan khidmat mengikuti kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 wita ini.

Sembahyang purnama kali ini merupakan yang pertama dilakukan di Pura kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Sebelumnya pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali yang beragama Hindu biasa melakukan upacara ini secara individual di kediaman masing-masing. Rencananya untuk mendorong kerukunan antarumat Hindu, sembahyang Purnama akan digelar secara rutin di Pura Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Sembahyang Purnama sendiri merupakan upacara permohonan kepada Sang Hyang Chandra agar dapat melebur kotoran dosa yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak di sengaja, agar kembali bersih jiwa dan pikiran. Purnama diyakini oleh umat Hindu sebagai hari baik untuk melakukan penyucian diri secara lahir batin, karena hari purnama ini bertepatan dengan Sang Hyang Candra beryoga memohonkan pengampunan dan peleburan dosa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa).

Salah satu aspek yang ingin dicapai dalam upacara ini adalah kebersihan lahir dan bathin. Karena kebersihan lahir dan bathin merupakan perwujudan keimanan, kebersihan secara lahir, dimana pada badan yang bersih tidak akan ada kotoran yang melekat, pada jiwa yang suci akan berimplikasi pada pikiran dan perbuatan yang suci pula.